Feeds RSS

Minggu, 16 Mei 2010

WADAH PLASTIK ATAU WADAH MELAMIN YANG BERBAHAYA ??????

WADAH PLASTIK ATAU WADAH MELAMIN YANG BERBAHAYA ??????

Beberapa waktu lalu kita dipusingkan oleh berita yang mengatakan bahwa wadah yang terbuat dari plastik berbahaya bagi kesehatan kita, tetapi tidak hanya wadah plastik yang berbahaya, tetapi juga ada bahan melamin yang berbahaya. Hal itu perlu dimengerti sebab selama ini masyarakat tahunya perangkat dari melamin cukup aman.
Perangkat makan yang terbuat dari melamin banyak dijual di pasaran dengan warna memikat dan harga murah. Jangan sampai terkecoh dan akhirnya mengesampingkan kualitas. Perangkat makan yang tersebar di pasaran dengan harga murah sering kali tidak aman bagi kesehatan.
Melamin merupakan bentuk lain yang tak lepas dari zat berbahaya bernama formaldehid. Seperti halnya polymer, formaldehid juga mudah luruh. Formaldehid akan mudah luruh bila wadah melamin itu terpaparlangsung matahari atau bergesekan dengan benda lain. Formaldehid jika masuk ke dalam tubuh dalam jangka panjang dapat memicu kanker. Tidak semua produk melamin berbahaya. Yang berbahaya ialah yang memiliki kandungan formaldehid tinggi. Produk melamin asli buatan lokal justru cukup aman sebab kandungan formaldehid-nya rendah.
Melihat bahaya yang biasa ditimbulkan dari melamin, maka sebelum menggunakan perhatikan cara memanfaatkannya seperti berikut ini :
1.Bakar ujung produk melamin. Jika melamin palsu maka polymer akan terurai dan gas formaldehid menyengat hidung. Sedangkan yang asli hanya akan gosong tanpa bau gas menyengat.
2.Melamin palsu akan sangat mudah berubah warna akibat zat warna minuman teh atau kopi, sedangkan melamin asli memiliki warna yang cenderung stabil.
3.Jika memiliki perangkat makan yang terbuat dari melamin yang sudah using, banyak goresan dan berubah warna sebaiknya jangan digunakan lagi. Barangkali perangkat itu bias difungsikan untuk keperluan lain misalnya untuk tatakan pot atau dihias kembali untuk menjadi pajangan.
Di salah satu artikel Kompas.com pernah disebutkan tentang bahan-bahan makanan yang perlu dikonsumsi untuk membuat kulit tetap sehat. Berikut adalah makanan-makanan (dan minuman) yang perlu dihindari jika ingin memaksimalkan kulit sehat nan cantik.
Camilan asin
Murad, dokter kulit kenamaan, menyatakan bahwa asupan sodium bisa mengisap kelembaban kulit dan membuatnya kering. Inilah yang menyebabkan kantung mata, mata sembab, dan bengkak. Hindari camilan asin untuk tetap terlihat cantik.
Alkohol
Sama seperti sodium, minuman beralkohol membuat kulit kering. Alkohol membuat lapisan atas saluran darah, semacam bentuk peradangan yang menghasilkan kerusakan kulit.
Makanan yang digoreng
Ketika dipanaskan dengan temperatur tinggi, minyak sayur seperti yang digunakan di kebanyakan restoran cepat saji bisa menimbulkan 4-hydroxy-trans-2-nonenal yang juga disebut HNE. Hal ini bisa menyebabkan sel-sel kulit mati. Kulit mati bisa menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, dan kusam. Belum lagi apa yang diakibatkan pada tubuh Anda yang lainnya.
Karbohidrat Olahan
Ini maksudnya permen, cake, dan makanan olahan lain. Makanan semacam ini penuh gula dan tepung putih yang membuat suplai androgen, hormon produksi minyak pada tubuh, meninggi. Sebuah studi menunjukkan, partisipan yang diet rendah gula tak memiliki banyak jerawat dibandingkan orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan olahan. Lebih parah, karbohidrat semacam ini bisa menyebabkan glycation, yang membuat kolagen dan elastin lebih mudah menyerap dan rusak akibat radikal bebas.

1 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar